0-800-1-008-800 (TOLL FREE) | WA 0811.873.6000 | cs@tritanu.com

    
Home » Artikel » Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bekerja dari Rumah


Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bekerja dari Rumah

Berkerja dari rumah saat ini sangat disarankan untuk menghindari meluasnya penyebaran virus corona (COVID-19). Untuk menerapkan hal tersebut ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti server, koneksi internet, gadget, komputer/laptop, software, daya listrik dan lainnya. Sosialisasi kepada semua karyawan pun harus dilakukan untuk kelancaran dan keamanan pekerjaan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai berkerja dari rumah:

  • Server
    Server menjadi perangkat yang sangat penting untuk dipersiapkan mulai dari perangkat yang tersambung, kebersihan ruangan, koneksi internet, keamanan, daya listrik dan lainnya agar server tetap berkerja dengan baik.
    Back up data secara berkala sangatlah penting dan perhatikan juga file-file yang masuk kedalam server untuk menjaga keamanan data-data penting. Antivirus sangat penting untuk mengamankan komputer server dari malware yang akan merusak sistem. Disarankan menggunakan antivirus yang terbaik dan harus sering melakukan update antrivirus.
  • Koneksi internet
    Tanpa koneksi internet tentu kita tidak bisa berkerja dari rumah. Kita perlu mengirim data, mencari referensi, mengirim email, telekonfrensi dan lainnya. Keamanan koneksi internet juga harus diperhatikan bila perlu batasi hak akses tiap karyawan ke server / gunakan VPN khusus untuk menghindari virus atau file berbahaya yang bisa masuk ke dalam server.
  • Komputer/Laptop
    Persiapkan Komputer/Laptop yang akan digunakan setiap karyawan untuk berkerja. Periksa software-software yang akan digunakan dan cek semua data untuk memastikan agar tidak ada virus atau data-data berbahaya yang akan masuk keserver.
    Antivirus juga harus diinstal di semua komputer/laptop yang akan digunakan karyawan agar lebih mudah mencegah atau membersihkan file-file berbahaya yang masuk.
  • Daya Listrik
    Jangan sampai terjadi kerusakan pada server atau peralatan-peralatan penunjang lain karena daya listrik tidak stabil. Gunakan UPS atau stabilizer untuk mengamankan peralatan-peralatan tersebut. Kami sarankan untuk menggunakan UPS karena selain menstabilkan daya UPS juga memberikan cadangan daya listrik jadi server anda tetap berkerja walaupun daya listrik mengalami masalah.
    Saat ini beberapa UPS sudah dilengkapi dengan software/aplikasi monitoring sehingga anda bisa memantau UPS dari rumah. Dengan menggunakan net vision anda dapat mengatur otomatis shut down untuk semua Komputer yang terhubung pada satu jaringan ketika daya listrik menurun.

Jika semua sudah disiapkan dengan benar dan berjalan dengan baik maka anda bisa berkerja dari rumah dengan tenang.