0-800-1-008-800 (TOLL FREE)

Home » Artikel » OFFICE HACK – Tips Cerdas untuk Mengatur Biaya Operasional Mesin Cetak Multifungsi di Kantor


OFFICE HACK – Tips Cerdas untuk Mengatur Biaya Operasional Mesin Cetak Multifungsi di Kantor

Selalu ada perdebatan terus-menerus tentang apakah pelanggan harus menggunakan toner asli atau toner kompatibel. Produsen telah merancang banyak metode/cara untuk melindungi keuntungan mereka pada bahan habis pakai atau consumables, misalnya dengan meletakkan chip cerdas pada toner dan mesin untuk mencegah penggunaan toner kompatibel pada mesin fotocopy multifungsinya.

Produsen toner kompatibel selalu mempertahankan bahwa toner kompatibel mereka bisa menghemat biaya perusahaan. Tetapi, mari kita periksa kelebihan dan kekurangan keduanya.

Mesin fotocopy multifungsi SHARP menggunakan tiga sistem komponen – toner, developer dan drum. Toner kompatibel sudah banyak beredar di pasaran, tetapi drum dan khususnya developer sedikit sekali tersedia dalam format kompatibel di pasaran

Mari kita bandingkan biaya-biayanya:

Original Compatible
MX-237AT Toner Rp 1.550.000  Rp 800.000
MX-312AV Developer Rp 900.000
MX-312AR Drum Rp 1.875.000

Dari tabel di atas, terlihat bahwa toner kompatibel adalah selalu berharga setengah dari harga original/asli. Namun demikian, karena toner kompatibel sebagian besar adalah isi-ulang dan chip cerdast nya sudah diganti, maka Anda mungkin tidak bisa mendapatkan jumlah copy per cartridge toner dibandingkan dengan yang original.

Umur ketahanan drum juga lebih pendek jika digunakan bersama dengan toner kompatibel karena mesin fotocopy multifungsi generasi baru menggunakan toner baru dengan partikel yang lebih halus dan titik leleh yang lebih rendah. Sebagian besar produsen saat ini menggunakan toner titik leleh rendah untuk mengurangi konsumsi listrik dan menjadi lebih ramah lingkungan. Selanjutnya, toner kompatibel cenderung memiliki titik leleh yang lebih tinggi karena mereka adalah toner generik yang diproduksi untuk berbagai merek. Ukuran partikel juga cenderung lebih besar. Ini menyebabkan lebih banyak goresan di permukaan drum OPC sehingga mengurangi umur drum. Ukuran partikel yang lebih besari Ini juga menyebabkan pengelupasan, sehingga membuat mesin lebih kotor.

Contoh ilustrasi :

ilustrasi-toner-original-compatible

Jika masa pakai toner hanya mencapai 60% dari aslinya namun Anda memiliki umur drum dan developer yang lebih pendek yang harus Anda ganti dengan yang asli, maka Anda mungkin terkejut bahwa cost per page Anda sebenarnya lebih tinggi. Anda mungkin tentu saja juga mempertimbangkan menggunakan drum yang kompatibel untuk mengurangi biaya,  tetapi jangan lupa drum OPC kompatibel tidak akan sesuai dengan standar daya tahan (life) yang ditentukan oleh pabrik.

Jadi jika tetap menggunakan kompatibel toner (dan kompatibel drum serta developer) maka Anda pada akhirnya mungkin mengalami lebih banyak downtime pada mesin, banyak perbaikan yang seharusnya tidak perlu dilakukan dan tentu saja ketidaknyamanan dalam menggunakan mesin fotocopy multifungsi karena  tidak berfungsi dengan semestinya. *(VL/PTT)

Selalu ingat Tips cerdas ini :
Gunakan toner asli daripada toner kompatibel karena toner asli sangat menekan terjadinya downtime dan ketidaknyamanan.
Dapatkan TONER ASLI SHARP disini !