0-800-1-008-800 (TOLL FREE) | WA 0811.873.6000 | cs@tritanu.com

Home » Artikel » Perangkat Keras » 3 Komponen PC yang mudah rusak jika daya listrik tidak stabil


3 Komponen PC yang mudah rusak jika daya listrik tidak stabil

Mati listrik tentunya mengakibatkan PC mati mendadak ketika kita sedang berkerja ataupun bermain games dan belum sempat untuk menyimpan data, hal tersebut tentu sangat mengesalkan. Apabila kita tidak memakai UPS (Uninterruptible Power Supply) ketika daya listrik utama sedang bermasalah aliran listrik akan langsung terputus hal tersebut dapat merusak hardware, software dan data-data yang sedang kita buka bisa menjadi corrupt/rusak.

Motherboard merupakan salah satu perangkat PC yang sangat vital karena merupakan induk dari semua komponen PC. Apabila motherboard mengalami kerusakan dapat dipastikan komputer tidak akan berfungsi. Belum lagi apabila Anda lupa mematikan monitor ketika listrik mati secara mendadak. Lonjakan listrik yang tiba-tiba dapat memberikan kejutan tegangan yang berpotensi merusak monitor.

Berikut ini adalah komponen PC yang sangat rentan rusak akibat daya listrik tidak stabil:

  • Harddisk

Harddisk biasanya menjadi komponen komputer yang paling pertama rusak. Karena didalam harddisk terdapat platter yang terlihat seperti CD yang mudah tergores atau rusak jika berhenti mendadak akibat listrik tidak stabil. Akan sangat merugikan jika harddisk rusak tiba-tiba karena anda bisa kehilangan data-data penting. Saat ini memang sudah cukup banyak jasa untuk mengembalikan data-data yang ada di dalam harddisk yang telah rusak akan tetapi hal tersebut membutuhkan biaya yang lumayan dan belum tentu semua data bisa kembali (tergantung seberapa parah kerusakan harddisk).

  • Power Supply Unit

Power Supply Unit merupakan komponen computer yang langsung tersambung dengan sumber daya listrik, Hal ini yang menyebabkan PSU mudah rusak jika daya listrik tidak stabil. Tanda kalau Power Supply anda mengalami kerusakan adalah Komputer/PC menyala tapi kipas tidak berputar, Komputer stuck pada pengaturan BIOS, Komputer sering mati sendiri, kinerja Komputer lambat, Power Supply mudah panas dan mengeluarkan asap. Oleh sebab itu jika power supply mengalami kerusakan maka dampaknya akan dirasakan secara langsung oleh pengguna komputer.

  • Motherboard

    Jika power supply tidak bisa berkerja degan baik/rusak maka komponen slanjutnya yang akan mengalami kerusakan adalah motherboard. Motherboard merupakan tempat di mana berbagai bagian komputer terhubung dan saling berbicara satu sama lain. Oleh karena itu Jangan biarkan motherboard anda mengalami kerusakan karena bisa merambat ke komponen lainnya.

Untuk mencegah kerusakaan akibat daya listrik tidak stabil anda dapat menggunakan UPS. Karena selain berfingsi seperti stabilizer, UPS juga mempunyai baterai cadangan yang bisa memberi kita waktu untuk mematikan computer/PC dengan benar ketika listrik mati untuk mencegah kerusakan.