0-800-1-008-800 (TOLL FREE)

Home » Artikel » Aplikasi Perkantoran » Memproteksi Sel yang Berisi Formula pada MS Excel


Memproteksi Sel yang Berisi Formula pada MS Excel

Untuk: Excel 2013 – 2016

MS Excel tidak diragukan lagi adalah aplikasi desktop yang sangat bermanfaat – dan mungkin paling terkenal saat ini. Pada Excel tersedia bermacam fitur untuk mempermudah kerja Anda. Kita bisa menyederhanakan semua proses rutin dengan menggunakan Excel. Tentu saja Anda harus menggunakan beragam fungsi dan formula yang sudah tersedia di dalam Excel untuk membuat lembar kerja otomatis. Formula-formula yang rahasia tentu bisa dengan mudah dilihat oleh pihak lain. Untunglah di Excel juga tersedia fitur untuk memproteksi sel-sel yang berisi formula.

Mengunci Sel Berisi Formula

Buka file Excel dan tambahkan formula serta pemformatan yang diperlukan pada lembar sheet. Simpan perubahan-perubahan yang sudah dibuat tadi. Kemudian, pilih sel yang memiliki formula di dalamnya. Di sini kami asumsikan Anda ingin agar orang lain bisa menyunting nilai-nilai variabelnya tetapi tidak bisa mengubah/menyunting rumus yang akan diterapkan untuk nilai-nilai variabel itu.

Pada gambar di atas, sel B2 dan B3 adalah sel-sel variabel. Sel B4 berisi formula atau rumus yang akan menjumlahkan sel B2 dan B3. Anda ingin agar orang lain bisa mengisi atau mengganti nilai pada B2 dan B3 tetapi Anda tidak mau agar orang lain tanpa sengaja atau tidak sengaja menyunting formula penjumlahannya.

Klik-kanan di dalam sel formula tersebut lalu klik  ‘Format cells’ pada context menu.

Akan terbuka jendela baru. Masuk ke tab ‘Protection’ dan aktifkan atau centangi opsi Lock dan Hidden.

Setelah itu, tutuplah jendela tersebut dan kembali ke jendela utama Excel. Masuk ke tab Review dan klik tombol ‘Protect sheet’. Pastikan opsi Protect worksheet and contents of locked cells sudah dicentang. Anda bisa memasukkan kata sandi untuk memastikan tidak ada seorang pun yang bisa membuka proteksi sel tersebut – tetapi kata sandi ini tidak mutlak. Jika bagi Anda sudah cukup bila orang tidak bisa melihat rumusnya saja, maka tidak perlu memasukkan kata sandi. Tetapi jika tidak, masukkanlah kata sandi pilihan Anda.

Membuka Proteksi Sel Excel

Untuk membuka proteksi sel Excel, masuk ke tab Review dan klik Unprotect sheet. Jika si pembuat file ini sudah menambahkan kata sandi maka Anda perlu memasukkan kata sandi itu untuk membuka proteksi. Jika tidak ada kata sandinya, maka Anda bisa menyunting sel yang terkunci tadi setelah mengklik tombol unprotect sheet.